Kamis, 05 Januari 2012

Cara untuk Mengatasi Kesulitan untuk Berteman

Mungkin kita merupakan orang yang tergolong sulit bergaul. Dan hal ini sangat menyakitkan meskipun tidak kelihatan menyakitkan. Semua manusia ingin bersosialisai dengan sesamanya. Jadi pastilah terasa aneh, bila kita tidak melakukannya. Saat orang lain memiliki rencana untuk liburan bersama teman-temannya, saat orang lain melakukan percakapan yang seru dengan teman-temannya, kita tidak melakukan itu. Hal ini pasti sangat menyusahkan hati. Tetapi mungkin saja masalahnya bukan dari mereka tetapi dari diri kita sendiri. Berikut adalah beberapa kendala dari diri sendiri dan solusinya.

1. Perasaan minder : Ini merupakan perasaan rendah diri. Kalau kita menganggap diri kita begitu rendah, kita akan enggan bergaul dengan orang lain karena merasa tidak pantas untuk bergaul dengan orang-orang tersebut. Solusinya : Kita harus berfokus pada kelebihan kita. Semua orang pasti punya kekurangan termasuk kita, tetapi semua orang juga punya kelebihan. Maka cobalah untuk melihat apa kelebihan kita dan gunakan itu untuk dapat bergaul.

2. Malu : Ini berbeda dengan perasaan minder. Dalam hal ini, kita menganggap diri kita bisa bergaul dengan orang lain, tetapi saat muncul kesempatan kita malah tidak bisa bicara apa-apa sehingga tidak terjadi percakapan apapun dengan teman kita. Solusinya : Kita tidak perlu menjadi orang yang sangat ahli dalam bergaul, tetapi cukup dengan memupuk minat terhadap orang lain, apakah soal pekerjaan, sekolah, hobi, dll.

3. Sikap yang tidak menyenangkan : Jika sebelumnya, masalah tersebut membuat kita tidak berani bergaul. Masalah yang satu ini membuat kita berani bergaul tetapi langsung dijauhi orang lain. Sikap seperti sok tahu, suka membantah, suka memaksakan keinginannya sendiri tentulah sangat dibenci orang, maka sikap ini juga bisa membuat kita tidak disukai orang lain. Solusinya : Bersikap dewasa dan perlakukan orang sebagaimana kita ingin diperlakukan. Perbaiki sikap yang kita pertunjukkan agar membuat kita menjadi orang yang enak diajak berteman.

2 komentar: