Selasa, 20 Desember 2011

Tips dan Trik Mencegah Pencurian Pulsa

Ada beberapa modus yang digunakan para pelaku penyedotan pulsa. Modus – modus ini harus dipahami agar bisa dihindari sehingga pulsa tidak sempat berhasi disedot. Modusnya antara lain :

Pertama, premium call. Pengguna telepon menerima layanan pesan singkat (sms) premium, lalu pengguna telepon membalas sms itu. Meski jawabannya tidak sesuai permintaan, pulsa tetap tersedot. Pesan layanan singkat premium ini menggunakan nomor 4 digit, misalnya 3433, 9799, dan lain-lain. Untuk sms premium, harus bekerja sama dengan operator. Hal itu bisa terjadi apabila konten sms premium disetel guna memaksa pengguna telepon untuk melakukan registrasi. Harusnya disetel ”reg on”, ”daftar” jika ingin mendaftar, atau petunjuk lain dengan isi yang sesuai tujuan.

Kedua, pulsa bisa disedot jika kita merespons janji gim murah di TV seharga Rp 1.000. Sebaiknya janji ini tidak ditanggapi karena ini bukan untuk mendapatkan gim murah tetapi untuk mendaftar di konten tertentu.

Ketiga, pemilik konten menelepon pengguna telepon, menawarkan konten. Meskipun pemilik telepon tidak setuju mendaftar, nomornya akan didaftarkan secara paksa dan pulsa diambil. Mengatasinya adalah dengan tidak sembarangan mengangkat telepon jika belum diketahui siapa peneleponnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar